Minggu, 13 Januari 2013

Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Windows 8

Salah satu materi dalam mata pelajaran KKPI adalah mengenai sistem operasi atau biasa disebut OS (Operation System). Dan Windows yang dikeluarkan oleh Microsoft, adalah OS yang paling banyak digunakan sekarang ini dalam komputer PC, tablet PC, Laptop atau bahkan sekarang sebagian handphone juga menggunakan OS tersebut.

Baru-baru ini Microsoft telah meluncurkan OS terbarunya yaitu Windows 8. Menurut beberapa artikel yang saya baca, penjualan Windows 8 ini kurang memuaskan. Alasannya tidak lain karena sebagian besar konsumen telah sangat nyaman dengan Windows 7. Sebagian yang lain juga mengatakan keengganannya untuk mempelajari OS terbaru tersebut.

Ya memang dalam Windows 8 banyak tampilan baru dan cara penggunaan yang baru pula. Namun menurut saya, kalau anda orang yang selalu On Line dalam pekerjaan, Widows 8 adalah OS yang cocok untuk perangkat komputer anda. Windows 8 juga lebih cepat dalam segala hal.

Dengan menggunakan Windows 8 ini, setiap ada e-mail atau pemberitahuan di facebook, twitter, google+, atau MSN, akan langsung berbunyi dan tampil di komputer kita. Tampilannya juga lebih menarik, karena Microsoft menghilangkan tombol "start" di pojok kiri bawah. Tapi semua tergantung selera sih.

Kekurangan dari Windows 8 ini menurut saya saat ini adalah masih banyak aplikasi yang belum support. Karena masih banyak aplikasi yang hanya support di Windows 7. Apabila anda pengguna netbook, resolusi layar pun tidak support. Biasanya ada tulisan seperti ini "This app cannot open. The screen resolution is too low to for this app to run". Tapi jangan pusing, resolusi netbook untuk windows 8 pada netbook bisa ditingkatkan kok. Bisa anda lihat caranya disini. Namun setelah itu, layar jadi kurang maksimal, layar menjadi lebih gepeng dari biasanya.

Begitu juga kadang NET Framework tidak support ketika anda ingin menginstal applikasi misalnya. Sebenarnya Net Framework yang terinstall di Windows 8 ini adalah versi teranyar yaitu versi 4, tapi jenisnya berbeda (Bisa anda browsing saja). Nah tetapi banyak aplikasi yang belum support dan minta diinstalkan versi 3.5 atau versi 3. Bisa anda install lagi dengan download atau anda bisa browsing karena aslinya sudah ada dalam CD driver Win8 tersebut.

Tapi kalau untuk PC atau laptop, saya belum tahu juga apakah hal-hal tersebut bermasalah juga. Karena hal tadi baru berdasarkan pengalaman pribadi.

Secara keseluruhan, tampilan Windows 8 ini menarik. Namun butuh waktu agar semua aplikasi menjadi support di Win8 ini, ketika para vendor sudah meng-upgrade software-softwarenya. Mohon maaf kalau ada salah-salah kata, karena saya juga masih pemula.

Untuk info siapa sih pencipta logo baru Microsoft, nih alamatnya. Keren juga remaja ini ya!

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar