Senin, 25 Februari 2013

Apakah itu Mesin CNC??


   Sekolah kami SMK Darma Bakti telah memiliki mesin CNC yang digunakan untuk praktek pembelajaran. Mesin CNC ini adalah mesin yang sudah canggih karena bisa membuat berbagai jenis atau bentuk benda kerja yang rumit. Karena banyaknya pabrik dan perusahaan yang ada di Cileungsi, maka dengan adanya mesin CNC di sekolah kami ini tentu akan sangat bermanfaat. Marilah kita sejenak mengenal apa itu mesin CNC.
   Awal lahirnya mesin CNC (Computer Numerically Controlled) bermula dari 1952 yang dikembangkan oleh John Pearseon dari Institut Teknologi Massachusetts, atas nama Angkatan Udara Amerika Serikat. Semula proyek tersebut diperuntukkan untuk membuat benda kerja khusus yang rumit. Semula perangkat mesin CNC memerlukan biaya yang tinggi dan volume unit pengendali yang besar. 
   Pada tahun 1973, mesin CNC masih sangat mahal sehingga masih sedikit perusahaan yang mempunyai keberanian dalam mempelopori investasi dalam teknologi ini. Dari tahun 1975, produksi mesin CNC mulai berkembang pesat. Perkembangan ini dipacu oleh perkembangan mikroprosesor, sehingga volume unit pengendali dapat lebih ringkas.
   Dewasa ini penggunaan mesin CNC hampir terdapat di segala bidang. Dari bidang pendidikan dan riset yang mempergunakan alat-alat demikian dihasilkan berbagai hasil penelitian yang bermanfaat yang tidak terasa sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat banyak. Oleh sebab itu, saya akan menjelaskan kembali tentang pengertian, macam-macam, keuntingan & kerugian dari mesin CNC.
   Mesin CNC adalah suatu mesin yang dikontrol oleh komputer dengan menggunakan bahasa numerik (data perintah dengan kode angka, huruf dan simbol) sesuai standart ISO.Sistem kerja teknologi CNC ini akan lebih sinkron antara komputer dan mekanik, sehingga bila dibandingkan
dengan mesin perkakas yang sejenis, maka mesin perkakas CNC lebih teliti, lebih tepat, lebih fleksibel dan cocok untuk produksi masal.Dengan dirancangnya mesin perkakas CNC dapat menunjang produksi yang membutuhkan tingkat kerumitan yang tinggi dan dapat mengurangi campur tangan operator selama mesin beroperasi.
   Mesin perkakas adalah suatu alat yang memotong atau piranti pengolahan lain dari benda kerja, benda kerja adalah obyek yang sedang diproses. Manakala mesin perkakas sedang melakukan pemakanan, program instruksi dapat diubah untuk memproses suatu pekerjaan baru. Numerical Control (NC) adalah suatu format berupa program otomasi dimana tindakan mekanik dari suatu alat-alat permesinan atau peralatan lain dikendalikan oleh suatu program yang berisi data kode angka. Data alphanumerical menghadirkan suatu instruksi pekerjaan untuk mengoperasikan mesin tersebut.
   Numeric Control (NC) adalah suatu kendali mesin atas dasar informasi digital, ini diperkenalkan di area pabrikasi. NC adalah bermanfaat untuk produksi rendah dan medium yang memvariasikan produksi item, di mana bentuk, dimensi, rute proses, dan pengerjaan dengan mesin bervariasi. Mesin perkakas NC meliputi mesin dengan operasi tujuan tunggal, yang memberikan informasi kuantitatif seperti pengerjaan dengan mesin operasi yang disajikan oleh suatu komputer kendali dengan program database yang menyimpan instruksi secara langsung untuk mengendalikan alat – alat bermesin CNC (Computer Numerical Control).
Kode data diubah untuk satu rangkaian perintah, yang mana servo mekanisme, seperti suatu pijakan motor yang berputar sesuai jumlah yang telah ditetapkan, memperbaiki dengan masing-masing mengemudi dari suatu meja pekerjaan dan suatu alat untuk melaksanakan suatu pengerjaan dengan mesin dan gerakan yang ditetapkan oleh suatu sistem pengulangan tertutup atau terbuka.
   CNC yang dikendalikan dapat melakukan pekerjaan berbentuk linier, lingkar, atau sisipan berbentuk parabola, yang mana buatan perangkat lunak, dan manapun sisipan kaleng rutin terpilih dengan mudah.

       Bagian-Bagian Mesin CNC (Computer Numerically Controlled)
  1. Unit Kontrol berupa panel pengontrolan yang berisi tombol-tombol perintah untuk menjelaskan kontrol gerakan mesin dan berbagai fungsi lainnya yang menggunakan instruksi oleh sistem kontrol elektronika.
  2. Kepala Tetap berupa roda-roda gigi transmisi penukar putaran yang akan memutar poros spindel
  3. Poros utama (spindel) berupa tempat kedudukan pencekam untuk berdirinya benda kerja.
  4. Eretan utama (appron) akan bergerak sepanjang meja sambil membawa eretan lintang
  5. (cross slide) dan eretan atas (upper cross slide) dan dudukan pahat.
  6. Eretan Melintang yang menggerakan pahat arah melintang. 
  7. Eretan Memanjang yang menggerakan pahat arah vertikal.
  8. Kepala Lepas, sejajar kepala tetap untuk membantu pergerakan spindel dalam memegang benda kerja.
Kelebihan & kekurangan :
a. Kelebihan
  • Produktif dapat dikurangi
  • Keakuratan pada lebih besar dan repeatabilas.
  • Menurunkan tingkat tarip sisa
  • Kebutuhan pemeriksaan adalah mengurangi
  • Ilmu ukur benda kerja lebih rumit
  • Perubahan rancang bangun dapat diperiksa dengan lebih teliti.
  • Peralatan sederhana tetap diperlukan
  • Waktu laju awal pabrikasi lebih pendek
  • Dapat mengurangi komponen yang diinventarisir
  • Lebih sedikit memerlukan floorspace
  • Level keterampilan yang dibutuhan operator dikurangi
b. Kekurangan

  • Pengerjaan komponen dengan mesin yang mudah menjadi sulit karena menggunakan format yang rumit.
  • Modal yang ditanamkan mengalami peningkatan.
  • Usaha pemeliharaan lebih tinggi investasi lebih tinggi berharga.
  • Pemanfaatan NC peralatan [yang] lebih tinggi
  • Dibutuhkan tenaga ahli yang berfungsi untuk memprogram peralatan NC.

Dari segi pemanfaatannya, mesin perkakas CNC dapat dibagi menjadi dua, antara lain:
  1. Mesin CNC Training unit (TU), yaitu mesin yang digunakan sarana pendidikan, dosen dan training.
  2. Mesin CNC produktion unit (PU), yaitu mesin CNC yang digunakan untuk membuat benda kerja/komponen yang dapat digunakan sebagai mana mestinya.
Dari segi jenisnya, mesin perkakas CNC dapat dibagi menjadi tiga jenis, antara lain:
  1. Mesin CNC 2A yaitu mesin CNC 2 aksis, karena gerak pahatnya hanya pada arah dua sumbu koordinat (aksis) yaitu koordinat X, dan koordinat Z, atau dikenal dengan mesin bubut CNC.
  2. Mesin CNC 3A, yaitu mesin CNC 3 aksis atau mesin yang memiliki gerakan sumbu utama kearah sumbu koordinat X, Y, dan Z, atau dikenal dengan mesin frsais CNC.
  3. Mmesin CNC kombinasi, yaitu mesin CNC yang mampu mengerjakan pekerjaan bubut dan freis sekaligus, dapat pula dilengkapi dengan peralatan pengukuran sehingga dapat melakukan pengontrolan kualitas pembubutan/pengefraisan pada benda kerja yang dihasilkan. Pada umumnya mesin CNC yang sering dijumpai adalah mesin CNC 2A (bubut) dan mesin CNC 3A (frais).











Sumber :
http://harryanggodo.blogspot.com
http://www.rider-system.net/2011/10/mesin-cnc.html

0 komentar:

Posting Komentar