Kamis, 14 Februari 2013

TAUFIK S., S.Si.

    Bang Opik, begitulah panggilan akrabnya. Pria kelahiran Jakarta, 04 Pebruari 1982 ini memulai karir mengajarnya pada tahun 1999 dengan menjadi Pelatih (Guru) Ektrakurikuler Kepanduan Pramuka di SDN Ciketingudik 2 Bantargebang Bekasi, tempat dimana dulu ia mengenyam pendidikan dasar. Saat itu ia masih tercatat sebagai siswa tingkat akhir salah satu STM di Cileungsi Kab.Bogor. Setelah tamat STM ia melanjutkan pendidikan formalnya di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Pakuan Bogor, dengan tetap bekerja menjadi Guru Ekskul hingga merambah ke daerah Citeureup.
 
     Tahun 2002, ia diterima menjadi Guru SMK Ash'Shoheh 1 Citeureup mengajar bidang studi Perhitungan Konstruksi Mesin. Kemudian di semester berikutnya ia pun diberi tugas tambahan untuk mengajar Matematika serta menjadi Wali Kelas. Selain itu dalam kegiatannya di kampus, ia terpilih menjadi Ketua Himatika (Himpunan Mahasiswa Matematika) masa bakti 2002-2003.

          Di tahun 2004 kuliahnya sempat terhenti karena keterbatasan dana. Ia memutuskan untuk cuti dan mencoba mencari pekerjaan tambahan di sekolah lain. Tahun inilah ia bersentuhan dengan dunia manajerial sekolah, menjadi tim sukses PSB SMK di Cikiwul Bantargebang Kota Bekasi yang ketika itu baru berdiri. Sukses PSB tersebut ternyata tidak mendapatkan apresiasi sesuai yang diharapkan, oleh karenanya ia mencoba mencari alternatif sekolah lain hingga akhirnya diterima menjadi guru bidang studi Matematika SMK Al-Hadiid 1 Cileungsi hingga saat ini.

           Tahun 2007 ia resign dari SMK Ash'shoheh 1 Citeureup dan memilih mengajar di SMK Bina Pendidikan 2 dan 3 Ciangsana Gunungputri dengan alasan dekat tempat tinggal. Setahun kemudian ia resign dari sana karena mendapat kesempatan mengembangkan karir di Al-Hadiid dengan turut terlibat dalam merintis SMP Al-Hadiid bersama rekannya Awan Mulyawan, S.Ag., Kepala Sekolah saat itu.

       Tahun 2010 ia tersertifikasi guru bidang studi matematika untuk tingkat SMK, oleh karenanya ia mencoba memfokuskan diri berkarya di SMK dan SMP Al-Hadiid. Akan tetapi, setelah menghantarkan Akreditasi SMP mendapat nilai A di tahun 2011, ia justru memilih resign dari SMP Al-Hadiid karena tidak mendapat ruang karir. Selepas dari sana ia melanjutkan jenjang studinya ke S2 UNJ Program Studi Manajemen Pendidikan dan pada bulan Maret 2012 tergabung dalam kepanitiaan PPDB SMK Darma Bakti. Setelah kegiatan tersebut berakhir, ia mendapatkan amanah untuk memimpin SMK Darma Bakti periode 2012-2015.

0 komentar:

Posting Komentar