Rabu, 13 Maret 2013

Kebutuhan Cileungsi Akan Tenaga Lulusan Teknik Industri

Status daerah Cileungsi dan sekitarnya kini berubah, dari daerah kecil menjadi daerah industri. Dulu tidak akses khusus dari Cileungsi ke Jakarta sebagai Ibukota Indonesia. Namun kini, karena akses ke Ibukota yang sangat mudah dan lancar, banyak pabrik-pabrik berdiri di daerah Cileungsi ini. Sepanjang jalan raya Narogong sudah dipenuhi oleh berbagai perusahaan besar. Dan kini mulai beralih ke jalan raya Cileungsi-Jonggol yang relatif masih kosong.  Cileungsi juga dekat dengan Cikarang dimana banyak terdapat kawasan-kawasan industri. Cikarang merupakan salah satu pusat industri nasional dimana nilai ekspornya mampu bersaing dengan Batam. Kawasan Industri di Cikarang merupakan kawasan industri yang potensial mengingat sekitar 2.125 unit pabrik yang berasal dari 25 negara berlokasi di kawasan tersebut. Kawasan tersebut mampu menyumbang sebesar 34,46 % PMA Nasional, serta 22-45 % volume ekspor nasional. Pada tahun 2008 omset kawasan industri ini mencapai $35 milyar dan 70% diantaranya untuk pasar ekspor.

Tujuh kawasan industri sudah eksis di Cikarang a.l. MM2100, Delta SIlicon I, EJIP, BIIE, Jababeka I, Jababeka II dan Delta SIlicon II. Sementara itu kawasan industri di kota Delta Mas masih dalam tahap pembangunan dan Delta Silicon II yang berada di bawah grup Lippo sedang mengalami perluasan. 
Dengan demikian status daerah Cileungsi ini sudah bisa dikatakan sebagai daerah kawasan Industri. 

Dengan banyaknya perusahaan baru yang mulai berkembang di daerah Cileungsi dan sekitanya ini, menjadikan kebutuhan lulusan-lulusan jurusan Teknik Industri meningkat. Banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga-tenaga muda yang handal. Maka dengan itu SMK Darma Bakti mengerti dan menyediakan fasilitas yang mampu menjawab masalah di atas. 

Sekolah kami SMK Darma Bakti pada Tahun Pelajaran 2013-2014 membuka Program Studi Keahlian Teknik Industri dengan Kompetensi Keahlian :
1. Teknik dan Manajemen Produksi (058)
2. Teknik dan Manajemen Pergudangan (059)

Tujuan kami salah satunya adalah mempersiapkan siswa agar menjadi tenaga kerja tingkat muda/ menengah yang kompeten untuk mengisi kebutuhan dunia usaha/ industri dengan memberikan keahlian/ keterampilan. Selain untuk membantu para siswa untuk mudah mendapatkan pekerjaan dikarenakan kemampuan mereka, juga untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Sesuai dengan motto kami yaitu PRIMA (Produktif, Dinamis, Berkualitas) kami akan menjadi SMK yang berkualitas dan berprestasi. Insya Allah.


Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar