Minggu, 24 Maret 2013

Prospek Lulusan Teknik Mesin


TENTANG KARIR/PEKERJAAN

Setiap orang pasti selalu berusaha untuk mendapatkan karir yang bagus dalam pekerjaan mereka. Tujuannya untuk meningkatkan status sosial dan penghasilan. Dengan meningkatnya karir berarti mendapat pengakuan atas prestasi dan dedikasi dia selama ini di tempat kerjanya.

Karir diperjuangkan dengan pengorbanan dan teknik serta strategi. Bekerja dimaksudkan melakukan sesuatu yang berhubungan dengan jasa/barang dan bertujuan untuk mendapatkan hasil antara lain uang, jabatan, atau penghargaan lain.

Ketika memasuki usia 18 tahun/remaja, mendapatkan pekerjaan adalah sesuatu yang sangat diharapkan dan sudah dipikirkan bagaimana cara agar tidak bergantung lagi pada kedua orangtua. Bekerja adalah satu peran penting dalam fase ini. Dalam bekerja seseorang mendapatkan identitas diri.


TENTANG PROGRAM STUDI/JURUSAN (KOMPETENSI KEAHLIAN)

Memilih jurusan dalam pendidikan/sekolah adalah hal dasar dan berperan penting karena akan menentukan karir/profesi/masa depan seseorang. Jadi sangat tidak disarankan memilih jurusan karena ikut-ikutan teman atau karena trend.

Jadilah lulusan yang dibutuhkan, dan yang menjadi salah satu lulusan yang paling banyak dicari dari dahulu sampai sekarang bahkan untuk masa datang adalah lulusan dari jurusan Teknik Mesin. Jika tujuannya adalah untuk mencari pekerjaan atau menciptakan lapangan pekerjaan dari SKILL, maka teknik mesin menjadi pilihan terbaik, kecuali jika hanya tertarik kerja dibelakang meja.


TENTANG PELUANG KERJA

Banyak sekali, ribuan bahkan jutaan perusahaan dan industri/manufaktur baik dalam dan luar negeri yang berada di Indonesia. Jadi hanya dengan jumlah minimal, setidaknya diperlukan jutaan orang berlatar belakang teknik mesin setiap tahun dan tentu saja satu perusahaan tidak cukup hanya memiliki satu SDM saja.

Perusahaan yang membutuhkan lulusan teknik mesin antara lain dibidang : Perminyakan (menangani mesin pengeboran), Pertambangan, Gas, Kontraktor (Engineering, Rekayasa), Industri Petrokimia, Industri Pembangkit Energi, Industri Manufaktur, Industri Otomotif, Industri Elektronika, Industri Baja, Industri Mesin, Industri Kimia, Industri Alat Berat (Pengelasan, Rangka, Perakitan), Penerbangan, Perawatan Mesin, Penguji Spesimen Produksi, Mechanical dan Electrical, Manajemen Perbengkelan, Proyek Mekanik, Jasa Konstruksi Mesin, Konsultan Teknik pada Industri / Perusahaan, dll.

Tersedia banyak pekerjaan untuk lulusan SMK jurusan Teknik Mesin, betapa bagusnya prospek lulusan dimasa depan terlebih lagi bagi yang mampu melanjutkan pendidikan  (Fakultas Teknik Mesin atau Politeknik Mesin) dan jurusan ini tidak pernah berpisah dari yang namanya teknologi dan teknologi akan selalu berkembang setiap hari.

SMK Darma Bakti membuka program studi Teknik Mesin yang dilengkapi dengan fasilitas praktik baru termasuk MESIN CNC milik sendiri dan menjalin kemitraan dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) karena  pendidikan tidak dapat berdiri sendiri lepas dari keterkaitannya dengan DU/DI, baik proses pendidikannya, pendidiknya, peserta didiknya, pun hasil pendidikan juga harus mampu memenuhi kebutuhan DU/DI.

Jadi tunggu apa lagi? Selamat bergabung di DBS!


(dari berbagai sumber)



0 komentar:

Posting Komentar