Selasa, 23 April 2013

Keterlambatan Distribusi Soal UN SMP di Cileungsi

UN untuk SMP telah berlangsung kemarin. Dan untuk daerah Cileungsi, masih banyak masalah yang terjadi. Yang paling mengecewakan adalah telatnya distribusi soal UN ke sekolah-sekolah. Beberapa sekolah UN baru dimulai sekitar pukul 09.30 WIB. Padahal seharusnya UN dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB.

Dikutip dari www.tempo.co, "Jadi, semakin tegang saja mau ngisi ujiannya. Padahal, kalau pagi kan otak masih segar dibandingkan ujian siang-siang, " ujar Kiki, 15 tahun, siswi kelas IX SMPN 1 Cileungsi, Senin 22 April 2013.

"Padahal, kami sudah datang ke sekolah pukul 06.15 agar tidak telat dan bisa lebih tenang saat mengerjakan ujian. Akan tetapi, kalau kelamaan seperti ini konsentrasi jadi buyar lagi. Malah makin tegang saja untuk menghadapi UN, " ujar gadis itu.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Aman Muslihat Noor, mengatakan dengan adanya penundaan yang dikibatkan oleh keterlambatan distribusi dari percetakan dari PT Karsawira Utama di Tangerang, dirinya pun tegang dan sempat panik. "Yang paling panik dan stres itu ya pihak kami karena harus mengambil kebijakan untuk memundurkan jadwal UN dan menjaga kerahasiaan soal UN," kata dia.

Pengiriman lembar soal UN pertama diterima oleh Panitia UN Kabupaten Bogor pada hari Minggu, 21 April 2013 pukul 07.00. Namun, naskah lembar soal Bahasa Indonesia baru 50 persen. "Semua soal kita dapat dari Panitia UN Provinsi yang dipusatkan di Bekasi," kata dia.

Pengiriman soal kedua datang sekitar pukul 17.00. Namun, setelah dilakukan pengecekan, ternyata Kabupaten Bogor masih kekerangan lembaran soal untuk 146 sekolah, "Karena kurang, kami dan tim pemantau independen langung mendatangi pabrik percetakan di Tangerang. Lalu  ternyata baru beres sekitar pukul 04.30 dan sampai di Bogor pukul 05.00," kata dia.

Entah bagaimana dengan penyelenggaraan UN tahun ini! Apakah para pemimpin diatas sana menganggap enteng atau meremehkan kegiatan yang sangat sakral ini? Atau kesalahan dari PT Ghalia Indonesia Printing selaku pemenang tender pencetakan Naskah UN?

Semoga semua ini dapat dijadikan pelajaran di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat.

Sumber : Google search, http://tempo.co

0 komentar:

Posting Komentar