Rabu, 01 Mei 2013

Menyongsong Hari Pendidikan Nasional 2013




Petikan Als Ik Eens Nederlander Was
( Seandainya Aku Seorang Belanda )
karya Ki Hadjar Dewantara :


Sekiranya aku seorang Belanda, aku tidak akan menyelenggarakan pesta-pesta kemerdekaan di negeri yang kita sendiri telah merampas kemerdekaannya. Sejajar dengan jalan pikiran itu, bukan saja tidak adil, tetapi juga tidak pantas untuk menyuruh si inlander memberikan sumbangan untuk dana perayaan itu. Pikiran untuk menyelenggarakan perayaan itu saja sudah menghina mereka dan sekarang kita garuk pula kantongnya.
Ayo teruskan penghinaan lahir dan batin itu! “Kalau aku seorang Belanda” Apa yang menyinggung perasaanku dan kawan-kawan sebangsaku terutama ialah kenyataan bahwa bangsa inlander diharuskan ikut mengongkosi suatu pekerjaan yang ia sendiri tidak ada kepentingannya sedikitpun“.

Hari Pendidikan Nasional jatuh setiap tanggal 2 Mei yaitu tanggal kelahiran Ki Hadjar Dewantara, pahlawan yang memajukan pendidikan di Indonesia, pendiri Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa yang menjadi awal dari konsep pendidikan nasional dengan memberikan kesempatan bagi para pribumi jelata untuk bisa memperoleh hak pendidikan seperti halnya para priyayi maupun orang-orang Belanda.



--- SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2013 ---

0 komentar:

Posting Komentar