Kamis, 04 Juli 2013

"Estetika Semut" Semut Saja Berbagi!!

Semut adalah salah satu jenis serangga yang mempunyai 3 pasang kaki dan umumnya disebut sebagai serangga sosial, karena mereka hidup berkelompok atau berkoloni. Semut tidak pernah hidup sendirian sebagaimana manusia.

Semut mempunyai keunikan dibandingkan binatang lainnya. Semut hidup berkelompok dan memiliki profesi yang berbeda-beda seperti pada tatanan kehidupan manusia.Ada semut yang bertugas membangun rumah "sarang", ada semut yang memburu makanan, perawat dan pembersih tempat tinggal. Dan ada juga yang bertugas mengasuh anak-anak semut hingga dewasa.

Bila kita perhatikan perilaku semut, selalu kita menyaksikan apabila semut bertemu dengan semut lainnya, maka mereka akan "berciuman", apakah rahasianya?? Sebetulnya pada saat seekor semut mendapatkan sesuatu, maka mereka akan menyampaikannya kepada semut yang lain. Ketika berciuman itulah mereka saling memberi makan.

Setiap semut mempunyai 2 tempat makanan sejenis tembolok yang merupakan persediaan makanan cair untuk semut lain dan satu lainnya merupakan persediaan bagi dirinya sendiri. Hal ini tentu mengingatkan kita sebagai manusia, bahwa rezeki yangkita miliki, sebagian diantaranya adalah milik orang lain yang dititipkan kepada kita. Subhanallah.

Semoga bermanfaat.
Sumber : Nuryani ES.dkk. 1993. Berbagai Kehidupan Semut

0 komentar:

Posting Komentar