Jumat, 26 Juli 2013

Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) SMK Darma Bakti Cileungsi

Alhamdulillah kegiatan MOPD SMK Darma Bakti CIleungsi telah selesai dan berjalan lancar. Jum'at (19/6) kemarin adalah hari penutupan kegiatan MOPD ini. Para peserta didik baru terlihat sangat senang setelah beberapa hari yang lumayan berat, di tambah MOPD kali ini bertepatan dengan bulan Ramadhan. Namun jelas kesan "interesting" menempel di wajah mereka.

Kegiatan MOPD di SMK Darma Bakti memang baru dimulai pada hari Senin (15/6). Pagi-pagi sekali siswa-siswa baru telah hadir di sekolah. Pukul 07.30 WIB Seluruh siswa mulai berkumpul dilapangan untuk upacara pembukaan. Akhirnya upacara baru dimulai tepat pukul 07.45 WIB. Dalam upacara kali ini, Bryan Febrian yang menjadi pemimpin upacaranya.

Setelah upacara, kegiatan langsung dilanjutkan dengan beberapa permainan untuk perkenalan. Permainan menyontek nama. Dalam permainan ini, siswa-siswa diberi nama dan asal sekolah di punggung mereka, lalu mereka diberi waktu beberapa menit untuk bisa mengumpulkan nama dan asal sekolah teman-teman mereka sebanyak-banyaknya. Yang berhasil mendapatkan data terbanyak, maka ia pemenangnya. Dan yang paling sedikit mengumpulkan data, serta yang paling banyak tertulis datanya oleh teman-temannya, ia juga kalah. Hehe..lucu sekali melihat mereka berkejar-kejaran sambil berusaha jangan sampai ada yang melihat nama mereka. Dan hari itu ditutup pada pukul 10.00 WIB.
Hari kedua dimulai dengan beberapa games dari kakak kelas. Mereka juga datang dengan memakai topi bola, kaos kai belang, sabuk dari kaleng dan beberapa asesoris lainnya. Setelah itu materi tentang dari Perkenalan Sekolah dari Kepala Sekolah Bapak Taufik. Lalu diteruskan materi tentang pentingnya lingkungan hidup dari bu Siti.

Hari Kedua juga dimulai dengan games serta materi tentang pengenalan materi jurusan Teknik Mesin oleh Bapak Rachmat. Para siswa terlihat sangat antusias.Lalu setelah itu dilanjutkan dengan materi Kepemimpinan oleh Bapak Masnur.

Hari Kamis dimulai dengan hari yang berbeda dengan hari lain. Hari Kamis ini dimulai pukul 13.00 WIB. Dimulai dengan materi Pengenalan Agama Islam dari Bapak Mario. Dengan disertai beberapa film-film agama lucu tentang agama, siswa-siswa menikmati dengan seksama. Setelah itu dilanjutkan dengan tes IQ. Terlihat wajah para siswa yang sedikit kepusingan dengan soal-soal yang tersedia.

Setelah Shalat Ashar berjama'ah, Seluruh siswa sudah bersiap-siap untuk Outbond. Inilah yang paling dinanti para kakak kelas..hihi.. Para adik-adik kelas ini digiring ke daerah sekitar sekolah. Mulai dari kuburan, jalan di sungai, masuk ke selokan di sawah, sampai siram-siraman air. Hehe...

Perjalanan dimulai dengan menyusuri kuburan yang sedikit angker..(lebay). Lalu pada peserta didik baru digiring masuk ke dalam sungai. Waduh..kayaknya malahan senang dah..bukannya takut..

Setelah itu mereka digiring ke sawah, dan berjalan kodok di irigasi yang berada di sawah. Tidak lupa mereka diberi bedak lumpur. :D

Ada kejadian lucu ketika acara outbond ini berlangsung, salah satu anggota guru terpeleset dan terjatuh. Kasiann... :p

Pukul 17.15 acara outbond akhirnya selesai. Seluruh siswa bersiap untuk mandi dan berbuka puasa bersama-sama. Dan akhirnya waktu Maghrib yang ditunggu pun tiba, semuanya menikmati minuman dengan puas setelah hari yang melelahkan. Dan dilanjutkan dengan shalat Maghrib. Lalu setelah kultum dari Pak Taufik, akhirnya para siswa makan malam.






Shalat Tarawih baru selesai sekitar pukul 20.30 WIB. Sebagian siswa melepas lelah terlebih dahulu, lalu dilanjut dengan bermain bola di lapangan sekolah. Sampai akhirnya malam tiba, tapi sebagian besar siswa malah tidak tidur. Kata mereka, jarang-jarang ngumpul bareng temen sekolah sampai malam..hmm..ya sudahlah...

Setelah waktu sahur, kami pun mulai dengan Jum'at bersih. Dan dilanjutkan dengan olahraga bersama. Tapi karena malamnya banyak yang tidak tidur, akhirnya ada beberapa siswa yang bersembunyi untuk tidur. Sampai-sampai ada yang tidur di bawah tangga. hehe.. lucu dehh...

Akhirnya pukul 08.30 pagi, kami pun mulai dengan mengisi kesan dan pesan. Dan akhirnya dilanjutkan dengan Penutupan MOPD SMK Darma Bakti Cileungsi. Banyak sekali kesan yang tak terlupakan. Terima kasih siswa-siswa, dan selamat bergabung di keluarga besar SMK Darma Bakti. :)

0 komentar:

Posting Komentar