Senin, 01 Juli 2013

Penjaskes - Sejarah Singkat Soft Ball

Soft ball adalah permainan yang serupa dengan permainan baseball. Soft ball bukan monopoli permainan putra, tetapi merupakan permainan putri pula. Pada tahun 1887, soft ball telah di kenal di Chicago. Permainan ini diciptakan oleh George Hancock dari Amerika. Tahun 1906, Lewis Robert membuat peraturan permainan soft ball dan pada tahun 1916 diperbaiki oleh Matthen. Tahun 1930, Leo H. Ficer dan M. J. Panley (Chicago) mengadakan percobaan permainan ini dari lapangan tertutup ke lapangan terbuka.

Pada tahun 1968, Indonesia di undang untuk mengikuti kongres soft ball di Oklahoma City. Pada bulan Januari 1970 diadakan kejuaraan dunia untuk putra di India dan untuk putri di Osaka, Jepang. Pada tanggal 28 Februari 1967, Indonesia membentuk perkumpulan soft ball dengan nama Perbasasi (Persatuan Soft Ball Seluruh Indonesia) dan telah diakui menjadi anggota perkumpulan soft ball amatir dunia, yaitu ASA (Amateur Softball Association) dan ASA Asia.

Indonesia mengikuti kejuaraan soft ball Asia di Manila pada tahun 1968 dan tahun 1974 di Singapura. Dalam PON VIII tahun 1973 di Jakarta, permainan soft ball sudah dimasukan dalam acara pertandingan.

Perkembangan Softball di Asia
Muncul pertama di Amerika Serikat, kemudian Kanada dan negara-negara Barat lainnya, lalu berkembang di Asia. Terutama setelah Perang Dunia II usai, softball semakin menyebar untuk dikenal dan digemari. Di Jepang, Philipina, Korea Selatan, Taiwan, Softball telah menjadi permainan rakyat. Mingingat pesatnya perkembangan olahraga ini di Asia, dibentuklah Ameteur Softball of Asia, yang disingkat ASA-ASIA (Persatuan Softball Amatir se-Asia). Anggotanya antara lain : Philipina, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hongkong, Pakistan, India, Muangthai, Singapura dan Indonesia. Kejuaraan Softball wanita se-Asia diselenggarakan di Manila, pada Februari 1967, pesertanya baru 5 negara : Philipina, Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan Hongkong.

Demikianlah selanjutnya direncanakan kejuaraan Asia ini setiap tahun sekali, dengan penyelenggaraan setahun sekali bergantian antara putera dan puteri. Misalnya tahun ini kejuaraan softball putera, maka tahun depan untuk bagian puterinya. Softball juga sedang berjuang untuk dipertandingkan di Asian Games. Dalam Asian Games Bangkok tahun 1966, Softball juga ikut demonstrasi.

0 komentar:

Posting Komentar