Selasa, 02 Juli 2013

"siapku.com" Komunitas Pendidikan Resmi Indonesia

Kemdikbud sekarang ini sudah semakin maju. Kemdikbud telah membuat sebuah komunitas atau lebih populernya jejaring sosial bagi para semua komunitas pendidikan. Jejaring sosial ini terbuka untuk para pendidik, peserta didik/ siswa, mahasiswa, orang tua siswa dan juga untuk umum. 

Bagi para operator sekolah, komunitas ini sangat besar fungsinya. Karena selain untuk komunitas, data lengkap sekolah juga dapat diisi dan diajukan disini. Semisal bagi guru yang belum memiliki NUPTK, operator sekolah masing-masing dapat mengajukannya di siapku.com ini. Jadi tidak perlu pusing bulak balik ke UPT kecamatan atau bahkan UPT kabupaten dan menghabiskan banyak waktu.

Bagi para guru, komunitas ini pun dapat dijadikan ajang silaturrahim dan tempat untuk bertukar pikiran. Bila ada permasalahan seputar pendidikan, guru-guru dapat saling bertukar pengalaman dengan guru-guru di daerah lain.

Bagi para peserta didik (siswa dan mahasiswa), mereka bisa berkenalan dengan teman-teman dari berbagai daerah lain. Bisa juga bertukar ilmu dan pikiran. Selain itu, website ini juga dijadikan tempat pendaftaran secara online. Di Kab. Bogor sendiri, semua SMAN dan SMKN sudah menggunakan layanan ini. Jadi bagi para peserta didik yang ingin mendaftar di sekolah yang bersangkutan, mereka harus mendaftar di siapku.com. Namun untuk sekolah swasta sendiri belum semuanya menggunakan website ini. Karena memang bagi sekolah yang ingin mendaftar, harus mendaftar dengan biaya yang lumayan.

Bagi orang tua siswa, mereka bisa bertukan pikiran dan mengajukan pertanyaan seputar pendidikan. Juga bisa mengajukan usul dan mempertanyakan kebijakan dan lain sebagainya. 

Namun bagi saya secara pribadi, website komunitas ini masih "kurang enak" dipakai. Tapi saya yakin akan ada perbaikan dan perbaikan lagi di masa yang akan datang. Yang pasti dengan adanya website ini, maka kita wajib bangga dan bersyukur dengan kemajuan ini.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar