Senin, 02 September 2013

Praktek Kerja Lapangan (PKL) SMK Darma Bakti

1.    Pendahuluan
  • Praktek Kerja Lapangan adalah salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.
  • Program Praktek Kerja Lapangan bagi siswa SMK dilaksanakan agar mereka dapat lebih mengenal kegiatan-kegiatan nyata dalam ruang lingkup industri Teknik Mesin dan usaha pada industri tersebut.
  • Program tersebut merupakan suatu kerja sama antara SMK Darma Bakti dengan perusahaan-perusahaan sekitar, yang dengan sungguh-sungguh menanganinya untuk suatu tujuan bersama yaitu menciptakan tenaga profesional muda yang siap ditempatkan di lapangan kerja.
  • Disamping dunia usaha , Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) Dapat memberikan keuntungan pada pelaksanaan itu sendiri yaitu sekolah, karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolahan bias didapat didunia usaha.
  • Program ini juga diharapkan dapat memberikan keuntungan timbal balik bagi kedua belah pihak yaitu kampus dan industri.

2.    Maksud dan Tujuan
  1. Maksud dilaksanakannya Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang diwujudkan dalam kerja disuatu perusahaan. Selain sebagai salah satu syarat tugas akhir Praktek Kerja Lapangan (PKL),Praktek Kerja Lapangan (PKL) juga sebagai kegiatan Siswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.
  2. Karena pertumbuhan perekonomian yang meningkat, didukung pula oleh tumbuhnya persaingan dibidang industri dan teknologi yang memaksa kita untuk ikut terjun kedalam dunia industri, bisnis, dan perdagangan.
  3. Melatih dan mengembangkan sumber daya manusia melalui sarana dan fasilitas yang terdapat dalam industri permesinan guna memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja profesional di masa yang akan datang.
  4. Memberikan kepada para siswa bentuk pengalaman nyata serta permasalahan yang dihadapi dunia kerja dan menumbuhkan rasa tanggung jawab profesi.
  5. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat menyatukan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dengan wawasan kegiatan suatu bidang usaha agar mereka dapat lebih percaya diri dan selalu mandiri dalam perkembangan karir di masa yang datang.
  6. Meluaskan wawasan dan Pandangan Siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan pada tempat dimana Siswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
  7. Membantu industri dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja lepas yang berwawasan akademis.

3.    Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan
  • Waktu pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada Teknik Permesinan dan Teknik dan Manajemen Produksi dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku.
4.   Sanksi Bagi Mahasiswa PKL

Sanksi bagi mahasiswa yang sedang melakukan PKL diberikan dengan ketentuan :
  1. Siswa melakukan pelanggaran berat, seperti : indisipliner, tindakan asusila maupun pidana/ kriminal lainnya.
  2. Siswa melakukan pelanggaran yang sangat berat yang berkaitan dengan narkoba atau tindakan kriminal yang dilengkapi dengan penahanan dari pihak berwajib, maka mahasiswa bersangkutan dapat diberikan sanksi dikeluarkan dari SMK Darma Bakti.
  3. Siswa yang dipulangkan oleh industri dikarenakan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan, akan diberikan kesempatan PKL pada periode berikutnya di industri yang sama setelah kondisinya sehat kembali, dan atas persetujuan industri bersangkutan, atau ditempatkan di industri lain.

0 komentar:

Posting Komentar