Jumat, 15 November 2013

Gunung Es Sebesar Negara Singapura Mangancam


Sebuah gunung es besar yang telah pecah dari Gletser Antartika pada bulan Juli lalu sekarang bergerak menuju lautan terbuka. Dan tentu saja bisa menimbulkan ancaman bagi jalur pelayaran. Para peneliti melaporkan, ukuran gunung es tersebut diperkirakan berukuran sekitar 270 mil persegi ( 700 kilometer persegi ), kira-kira sama besarnya dengan ukuran bangsa Singapura atau dua kali ukuran kota Atlanta. Gilaa.. gede amaat..

"Sebuah gunung es yang sangat besar yang ukurannya bisa bertahan selama satu tahun atau lebih. Dan gunung es itu bisa mengambang menjauhi utara dan berakhir di sekitar jalur pelayaran dunia di Samudra Selatan," menurut Robert Marsh, seorang ilmuwan di University of Southampton Inggris, dalam sebuah siaran pers pekan ini.

Marsh adalah bagian dari sebuah tim ilmuwan yang telah diberikan tugas darurat untuk melacak gunung es dan memprediksi jalurnya, sehingga kapal yang bepergian melalui area tersebut dapat diperingatkan terlebih dahulu.

Para peneliti di Alfred Wegener Institute yang menggunakan gambar dari satelit TerraSAR - X milik Badan Antariksa Jerman, melaporkan bahwa pada bulan Juli lalu gunung es itu terpisah dari Gletser Antartika Pine Island. Penelitian mengenai pecahan gunung es raksasa tersebut telah dilakukan dengan proses yang panjang. Pecahan pertama yang dihasilkan itu pertama kali dilihat oleh pesawat NASA pada Oktober 2011. Para peneliti mengatakan ini akan menjadi pertama kalinya bagi kami untuk melacak jalur gunung es besar, sesuatu yang akan menjadi lebih penting sebagai efek dari peningkatan pemanasan global.


Sumber : CNN

0 komentar:

Posting Komentar