Jumat, 22 November 2013

Kapan waktu yang tepat untuk memanen benang sutera?

Metamorfosis biasanya terjadi pada fase berbeda-beda, dimulai dari larva atau nimfa, sebagian melewati fase pupa, dan berakhir sebagai imago atau dewasa.

Apakah yang dimaksud dengan Imago?

Imago adalah fase dewasa dari serangga pada metamorfosis. Pada kupu-kupu misalnya, dari telur lalu berubah menjadi larva atau nimfa (ulat), kemudian melewati fase pupa atau kepompong. Setelah melewati fase tersebut, maka kupu-kupu siap menjadi imago atau kupu-kupu dewasa.

Pada ulat sutera, masa yang tepat untuk mengambil kepompong atau memanen benang sutera adalah pada fase pupa atau kepompong. Ulat yang tadinya telah cukup umur, di naikkan ke dalam wadah yang telah di sediakan, nantinya di wadah tersebut ulat akan berubah menjadi kepompong (rumah larva) setelah kurang lebih 4-5 hari, waktu yang di tentukan memang harus tepat, agar kepompong tidak merubah diri menjadi seekor kupu-kupu, tiba saatnya memanen kepompong tersebut, kemudian di pintal lagi hingga menjadi benang. Setelah itu benang tersebut akan di rebus hingga matang lalu diwarnai dan dikeringkan. Setelah melalui proses yang panjang, benang akan ditenun dan dijadikan sebuah kain sutra dengan motif yang berbeda-beda. 

Semoga bermanfaat.
Sumber : Berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar