Senin, 24 Februari 2014

Apakah Kamu Bodoh? Atau Kamu Belum Tahu Kecerdasanmu?

"Dasar bodoh!!"

Apakah ada diantara kalian yang mendapatkan ucapan seperti itu dari guru kalian? Pasti ada saja guru yang entah karena tabiat, atau saking kesalnya sampai mengeluarkan kata-kata kasar tersebut. Atau pernahkah kamu merasa murid paling bodoh di kelasmu? Tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik? Selalu menjadi yang terbelakang di antara teman-temanmu?

Setiap manusia dilahirkan dengan berbeda-beda sifat dan kemampuan. Ada yang memang dari kecil mempunyai kemampuan yang luar biasa dalam menghafal pelajaran sehingga selalu mendapatkan juara kelas, tetapi banyak juga yang dalam hal pelajaran selalu menjadi yang terbelakang, dan sebagainya. NB: Dalam hal ini tidak termasuk anak yang malas, karena anak yang malas sampai kapan pun tidak akan sukses.

Kebanyakan orang tua dan guru hanya menilai si anak pintar, apabila mendaptkan nilai yang baik dalam pelajaran saja, padahal sesungguhnya menurut Howard Gardner kecerdasan manusia itu dibagi menjadi 8 bagian. Dibawah ini adalah kecerdasan-kecerdasan tersebut yang saya copas dari http://toeflay.blogspot.com .


1. KECERDASAN LINGUISTIK
Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan.
Ciri-ciri:
  1. Anda senang bermain dengan kata-kata. Anda menikmati puisi. Anda suka mendengarkan cerita. 
  2. Anda membaca apa saja; buku, majalah, surat kabar dan bahkan label produk. 
  3. Anda merasa mudah dan percaya diri mengekspresikan diri anda baik secara lisan maupun tulisan. Contohnya, anda pintar dalam berkomunikasi dan pintar dalam menceritakan atau menulis mengenai sesuatu hal.
  4. Anda suka membumbui percakapan anda dengan hal-hal menarik yang baru saja anda baca atau dengar.
  5. Anda suka mengerjakan teka-teki silang,bermain scrable atau bermain puzzle. Anda dapat mengeja dengan sangat baik.
  6. DLL

2. KECERDASAN LOGIK MATEMATIK

Kecerdasan logik matematik ialah kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Ia mampu memikirkan dan menyusun solusi (jalan keluar) dengan urutan yang logis (masuk akal).

Ciri-ciri:
  1. Anda senang bekerja dengan angka dan dapat melakukan perhitungan mental (mencongak). Anda tertarik dengan kemajuan teknologi dan gemar melakukan percobaan untuk melihat cara kerja sesuatu hal.
  2. Anda merasa mudah melakukan perencanaan keuangan. Anda menetapkan target dalam bentuk angka dalam bisnis dan hidup anda.
  3. Anda senang menyiapkan jadwal perjalanan secara terperinci. Anda sering menyiapkan, memberi nomor dan menetapkan suatu daftar kerja (to-do-list).
  4. Anda senang dengan permainan, puzzle atau sesuatu yang membutuhkan kemampuan berpikir logis dan statistis seperti permainan cheker atau catur.
  5. DLL

3. KECERDASAN VISUAL DAN SPASIAL
Kecerdasan visual dan spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat (cermat).
Ciri-ciri:
  1. Anda menyukai seni, menikmati lukisan dan patung. Anda memilki citra rasa yang baik akan warna.
  2. Anda cenderung menyukai pencatatan secara visual dengan menggunakan kamera atau handycam.
  3. Anda bisa menulis dengan cepat saat anda mencatat atau berpikir mengenai sesuatu. Anda dapat menggambar dengan cukup baik.
  4. Anda merasa mudah membaca peta atau melakukan navigasi, anda memilki kemampuan mengerti arah yang baik.
  5. Anda menikmati permainan seperti puzzle.
  6. DLL

4. KECERDASAN MUSIK
Kecerdasan musik adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar.

Ciri-ciri:
  1. Anda dapat memainkan alat musik.
  2. Anda dapat menyanyi sesuai dengan tinggi rendahnya kunci nada.
  3. Anda biasanya dapat mengingat sebuah irama hanya dengan mendengarkan beberapa kali saja.
  4. Anda sering mendengarkan musik. Anda bahkan kadang kala menghadiri konser musik. Anda suka -bahkan butuh- mendengarkan lagu sambil anda bekerja.
  5. Anda mengikuti irama musik dengan baik dan tanpa sadar mengetuk-ngetukkan jari anda mengikuti irama lagu itu.
  6. DLL

5. KECERDASAN INTERPERSONAL
Kecerdasan interpersonal ialah kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain.
 Ciri-ciri:
  1. Anda senang bekerja sama dengan orang lain dalam suatu kelompok atau komite.
  2. Anda lebih suka belajar kelompok dari pada belajar sendiri.
  3. Orang sering kali datang kepada anda untuk meminta nasihat. 4. anda adalah orang penuh simpati.
  4. Anda lebih suka team sport seperti basket, soffball, sepak bola dari pada individual seperti renang dan lari.
  5. DLL

6. KECERDASAN INTRAPERSONAL
Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Mampu memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin diri.

Ciri-ciri:
  1. Anda memiliki buku harian untuk mencatat pikiran anda yang sangat dalam dan pribadi.
  2. Anda serimg menyendiri untuk memikirkan dan memecahkan masalah itu sendiri.
  3. Anda menetapkan tujuan anda.
  4. Anda adalah seorang pemikir independen (mandiri). Anda tahu pikiran anda dan anda memutuskan sendiri keputusan anda.
  5. Anda mempunyai hobi atau kesenangan yang bersifat pribadi yang tidak banyak anda bagikan atau ungkapkan kepada orang lain.
  6. DLL

7. KECERDASAN KINESTETIK
Kecerdasan kinestetik ialah kemampuan dalam menggunakan tubuh kita secara terampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan.

Ciri-ciri:
  1. Anda gemar berolahraga atau melakukan kegiatan fisik.
  2. Anda cakap dalam melakukan sesuatu seorang diri.
  3. Anda senang memikirkan persoalan sambil aktif dalam kegiatan fisik seperti berjalan atau lari.
  4. Anda tidak keberatan jika diminta untuk menari.
  5. Setiap kali anda pergi ke pusat hiburan atau permainan, anda senang dengan permainan yang sangat menantang dan “mengerikan” secara fisik seperti jet coaster.
  6. DLL

8. KECERDASAN NATURALIS
Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang di jumpai di alam maupun lingkungan.

Ciri-ciri:
  1. Anda senang memelihara atau menyukai hewan.
  2. Anda dapat mengenali dan membedakan nama berbagai jenis pohon, bunga dan tanaman.
  3. Anda tertarik dan memilki pengetahuan yang cukup mengenai bagaimana tubuh bekerja -di mana letak organ tubuh yang penting- dan anda mengerti akan kesehatan.
  4. Anda tahu jalur atau jalan setapak, sarang burung dan hewan liar lainnya saat anda berjalan di alam dan anda bisa “membaca” cuaca.
  5. Anda dapat membayangkan diri anda sebagai seorang petani atau mungkin anda suka memancing.
  6. DLL

Nah..hal tersebut di atas seharusnya diketahui dan dipelajari oleh seorang guru sejak di sekolah dasar. Dengan seorang guru mengetahui berbagai jenis kecerdasan, maka guru pun akan tahu apa yang seharusnya dilakukan untuk sebagian anak yang tidak pandai dalam eksak. Mungkin saja si anak pandai dalam olahraga.

Hal tersebut di atas juga tidak dapat dipisahkan dari akibat aktivitas otak kanan dan otak kiri kalian. Otak kanan lebih condong kepada eksak, teori, dsb. Sedangkan otak kanan lebih condong kepada kesenian, olahraga, kreatifitas, dsb. Manakah otakmu yang lebih dominan? Nih link buat yang mau ngetes lebih dominan mana otak kamu.. Klik

Tetapi kebanyakan orang sukses lebih banyak disebabkan oleh orang yang memaksimalkan otak kanan daripada otak kiri. Karena kreatifitas sumber segala kesuksesan. Kita lihat saja contohnya, para pengusaha membuat berbagai hal yang inovatif dan kreatif untuk menarik konsumen. Para atlit yang gemar berlatih sejak kecil, dan sebagainya.

Intinya, jangan rendah diri ya! Kalian itu pintar-pintar loh.. Coba perhatikan dimana kecerdasanmu dan kembangkanlah! Jangan beranggapan dirimu lebih bodoh dari orang di luar negeri sana! Mereka pun sama halnya dengan kalian, ketika kecil sebagian besar dari mereka pun tidak pintar dalam eksak di kelas mereka. Tetapi mereka terus diangkat dan diangkat agar mereka semakin percaya diri. Sedangkan di negara kita, kebanyakan guru tidak mengangkat siswa-siswanya, malah menjatuhkannya. Jadi kalianlah yang harus percaya sendiri bahwa kalian adalah penerus bangsa yang hebat.


0 komentar:

Posting Komentar