Jumat, 21 Februari 2014

Teknik Otomotif SMK Darma Bakti

Teknik kendaraan ringan adalah kompetensi keahlian bidang teknik otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ringan. Seiring dengan membengkaknya penjualan kendaraan bermotor, baik roda empat maupun roda tiga, maka kebutuhan akan lulusan-lulusan di bidang teknik kendaraan ringan pun semakin meningkat.


Pertumbuhan kendaraan bermotor di Indonesia setiap tahunnya berada di kisaran 5-10 %. Pada tahun 2013 kemarin pertumbuhan penjualan kendaraan bermotor mencapai 10 %, melebihi target yang hanya 5-6 %. Melihat kenyataan tersebut, maka kami bermaksud memenuhi kebutuhan-kebutuhan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dengan membuka program teknik otomotif di SMK Darma Bakti ini.

Kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan jasa perawatan dan perbaikan di dunia usaha/industri.

Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:

a. Perawatan dan perbaikan motor otomotif
b. Perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga otomotif
c. Perawatan dan perbaikan chasis otomotif
d. Perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan otomotif.
e. Perawatan dan perbaikan sistem pengkondisi udara otomotif.

Demikianlah sekelumit pengenalan kami dan alasan kami membuka jurusan Teknik Industri di SMK Darma Bakti Cileungsi ini. Semoga bermanfaat buat kamu yang sedang pusing mencari tujuan sekolah lanjutan dan berminat kepada Teknik Otomotif ini.

0 komentar:

Posting Komentar