Senin, 29 September 2014

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) SMK Darma Bakti Cileungsi

Cileungsi - SMK Darma Bakti sukses melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) ke-3 pada 27 - 28 September 2014. LDKS adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk melatih jiwa kepemimpinan dan memberikan karakter kepemimpinan kepada siswa agar membentuk pribadi yang tangguh, cerdas, berjiwa pemimpin, jujur dan lain sebagainya.

Panitia lagi bersih-bersih :D
Kegiatan LDKS ini dimulai dari hari Sabtu, 27 September 2014. Sebelumnya, panitia sudah
menginap di sekolah sejak Jum'at malam. Pagi-pagi sekali, siswa peserta melakukan regristasi. Siswa yang tidak membawa perlengkapan, langsung dihukum push up satu seri (10) per-kesalahan. Jumlah peserta awal adalah 38 siswa/i. Namun ada sebagian siswa yang ada kebutuhan lain serta sakit, akhirnya jumlah peserta berjumlah 35 peserta.

Apel pagi
Siap berbuat salah, siap menanggung sanksi
Jam 07.00 seluruh peserta telah hadir dan berkumpul di lapangan
untuk melaksanakan Apel pagi pembukaan LDKS sekaligus penyematan kepada peserta LDKS. Apel pagi hari itu dipimpin oleh Ismat dari kelas XI dan Mario Sigit Anggara, S.Pd.I selaku pembina Apel. Karena Kepala SMK Darma Bakti Cileungsi di hari tersebut sedang rapat kepala sekolah di kecamatan.

Latihan PBB
Kegiatan dilanjutkan dengan materi tentang Dasar-Dasar Kepemimpinan dari bapak Mario Sigit Anggara, S.Pd.I. Selanjutnya dilanjutkan dengan Pelatihan Baris-Berbaris yang dipimpin oleh bapak Dede Iskandar, S.Kom. Lalu dilanjutkan dengan shalat Dzuhur berjamaah dan makan siang.

Setelah makan siang dilanjutkan dengan materi tentang
Materi keorganisasian
Materi surat-menyurat
keorganisasian oleh Bapak Dede Iskandar, S.Kom. dan materi Surat Menyurat dengan kakak Ghifary. Dilanjutkan dengan shalat Ashar dan Dinamika Kelompok. 


Dalam dinamika kelompok, para peserta diberikan permainan-permainan menarik yang melatih kedisplinan dan kekompakan kelompok mereka masing-masing. Dinamika kelompok ini dipimpin oleh kakak Erick dan Kakak Faisal. Makan malam dilaksanakan setelah mandi.

Setelah adzan Magrib berkumandang, para peserta kemudian melaksanakan shalat Magrib berjama'ah dan disertai dengan mengaji bersama. Lalu acara api unggun dan muhasabah dilaksanakan setelahnya.

Ketika muhasabah berlangsung, banyak siswa/i yang menangis. Sampai-sampai ada yang menangis tersedu-sedu. Semua peserta dan panitia dipaksa mengingat kembali kesalahan-kesalahan mereka di masa lalu.

Semua peserta pun istirahat malam alias tidur pada pukul 22.30. Sampai pukul 01.00 pagi untuk jerit malam. Disana mereka ditanya tentang semua perbuatan yang pernah mereka lakukan. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mental yang tahan banting.

Setelah shalat Subuh di pagi hari, para peserta dan panitia senam bersama agar badan sehat selalu. Kegiatan ini dipimpin oleh kak Erick dan kak Faishal. Lalu dilanjutkan dengan operasi semut. Sekolah yang bersih dan indah adalah dambaan semua warga sekolah. Semoga kedisiplinan dan kesadaran menjaga kebersihan tertanam selalu di kepala semua peserta dan panitia LDKS kali ini.

Pukul 10.00 pun tiba. Lelah setelah 2 hari penuh kegiatan pun berakhir. Sungguh menjadi pengalaman yang luar biasa bagi peserta dan juga panitia. Semoga jiwa-jiwa kepemimpinan dan karakter-karakter yang diharapkan ada pada pemimpin, kini melekat pada kepribadian seluruh peserta dan panitia LDKS. Semoga membentuk para pemuda harapan bangsa yang akan membawa Indonesia suatu hari nanti menjadi negara yang terdepan. Aamiin.

1 komentar: