Rabu, 29 Oktober 2014

Apakah Itu Enzim Polifenol Oksidase?

Kalau anda pernah memakan buah apel, maka anda pasti tau kalau biasanya apel setelah dikupas akan menghitam. Nah, apa penyebabnya? Ternyata penyebabnya adalah enzim polifenol oksidase. Lalu apakah enzim polifenol oksidase itu?

Secara sederhana, enzim polifenol oksidase berfungsi seperti antibodi pada tubuh manusia. Ketika manusia terkena virus atau bakteri, maka manusia yang memiliki sistem resistensi alami ini akan melawan virus atau bakteri tersebut. Nahhh.... enzim polifenol oksidase adalah antibodi yang terdapat pada tumbuhan dan sebagian hewan. 

Untuk setiap perlakukan bakteri pada tanaman, mekanisme resistensinya berjalan. Pada kisaran waktu tertentu, tubuh tanaman akan memancing keluar senyawa kimia tertentu. Sebenarnya, menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan, sangat banyak jenis senyawa kimia di dalam tanaman yang mampu menghambat perkembangan jamur dan bakteri sehingga tanaman itu sendiri dapat tahan terhadap penyakit. Senyawa tersebut ialah golonga metabolit sekunder terutama senyawa fenolik, glikosida, dan alkaloid.

Metabolit sekunder tanaman yang terdapat dalam sel dan bersifat anti mikroba dibebaskan dari sel setelah terjadinya kerusakan struktur sel akibat luka atau infeksi dan keadaan ini diaktifkan oleh adanya enzim glikosidase, polifenol oksidase, atau peroksidase. Kehadirian enzim seperti polifenol oksidase secara alami berperan dalam percepatan pembentukan senyawa kimia antimikroba tersebut.

Enzim polifenol oksidase (PPO) adalah enzim oksidoreduktase yang mengandung tembaga (Cu) yang umumnya dikenal berperan dalam proses melanisasi pada hewan dan pencoklatan pada tanaman. Enzim PPO tersebar luas di alam, mempunyai berat molekul 128.000 dalam keadaan murni, tidak berwarna, dan stabil pada pH netral. Pertama kali diidentifikasi pada tahun 1975 dari jamur. Konsentrasi enzim yang tinggi ditemukan pada jamur, umbi kentang, apel, pisang, alpukat, daun teh, biji kopi, dan daun tembakau. Selain pada tanaman, enzim PPO juga ditemukan pada bakteri dan mamalia.

Pada tanaman, enzim PPO terdapat dalam plastida dan kloroplas, juga ditemukan terlarut dalam sitoplasma pada tanaman yang tua dan sebagai fraksi terlarut dari homogenat beberapa sayur.

Sumber : http://julhasratman.blogspot.com
Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar