Kamis, 08 Januari 2015

Jadwal Ujian Nasional SMA SMK 2015

Cileungsi - UNAS SMA-SMK semakin dekat, pemerintah mengharapkan siswa, guru serta orang tua untuk mempersiapkan diri. Lalu kapan UNAS 2015 ini rencananya akan dilaksanakan?

Pemerintah menetapkan Ujian Nasional (UNAS) untuk tingkat SMA-SMK akan dimulai pada tanggal 13 April 2015. Mata pelajaran yang diujikan untuk SMA ada 6 mata pelajaran dan SMK ada 5 mata pelajaran. 3 mata pelajaran utama yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris. Sisanya adalah mata pelajaran yang sesuai dengan kompetensi jurusannya masing-masing. Sedangkan untuk SMP dijadwalkan akan diselenggarakan pada tanggal 27 - 30 April 2015.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam menjelaskan, jadwal pelaksanaan unas itu sudah tertuang dalam prosedur operasional standar (POS) yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 

"POS itu memang sampai saat ini belum resmi dikeluarkan. Karena ada revisi-revisi," kata Nizam di Jakarta kemarin. Meskipun ada sejumlah revisi, guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta itu memprediksi revisi tidak akan menyentuh tanggal pelaksanaan unas.

Sedangkan untuk bentuk baru Ujian Nasional (Unas), masyarakat perlu bersabar untuk mendapat kepastian. Sebab Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan rencananya baru mengumumkan secara utuh konsep Unas 2015 pekan depan.

Upaya akhir jelang penetapan wujud Unas 2014 dijalankan Anies dengan mengundang anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) di kantornya kemarin sore. Di sela rapat tertutup itu, Anies mengatakan belum bisa menyampaikan wujud baru pelaksanaan unas.

"Saya ingin sampaikan ke masyarakat secara untuh. Unas 2015 itu seperti apa," jelas menteri alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta itu. Paling lama informasi format baru unas itu keluar pekan depan. Dikutip dari JPNN.COM

Maka bagi anda para guru dan orang tua, mulailah memberikan motivasi tambahan, agar para siswa semakin bersemangat melaksanakan Unas dengan baik dan tentunya penuh kejujuran. Nilai hanyalah sebuah angka yang seharusnya bukan halangan untuk menerapkan kejujuran.

Sesungguhnya yang harus diketahui oleh banyak masyarakat adalah bahwa Unas ini tidak seperti Unas yang dulu banyak tidak meluluskan siswa. Dulu, kelulusan 100% berdasarkan hasil Unas, sehingga banyak siswa yang tidak lulus. Tetapi kini Unas hanyalah sebagai pemetaan, bukan sebagai penentu kelulusan siswa.

Jadi bagi siswa diharapkan tidak ketakutan berlebihan bahkan sampai mencontek. Dengan usaha dan doa, pasti hasil yang terbaik bisa tercapai. Amin.

Semoga bermanfaat.




0 komentar:

Posting Komentar