Selasa, 03 Februari 2015

Contoh Katrol dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam pembelajaran IPA secara umum atau Fisika secara khusus terdapat materi tentang Katrol. Kita semua tahu kalau katrol terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Katrol Tetap, Katrol Bebas dan Katrol Majemuk.

Materi ini sudah diajarkan sejak Sekolah Dasar kelas 5. Namun yang sulit dari materi ini adalah memahamkan siswa itu sendiri. Karena belajar dengan hanya mengandalkan hafalan tidak akan membekas lama di dalam ingatan mereka.

Lalu bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari. Yang biasa dan paling mudah untuk diberikan contoh adalah Katrol Tetap. Contoh katrol tetap dalam kehidupan sehari-hari dapat kita temui pada katrol yang digunakan di sumur untuk mengangkat timba atau ember yang berisi air.
Contoh Katrol Bebas/ Bergerak

Nah, contoh selanjutnya yang sangat sulit dicari. Katrol bebas dan katrol majemuk. Katrol bebas atau bergerak memang agak susah ditemukan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti gambar di atas yang kami copas dari http://archimedes21.blogspot.com. Jadi sangat sulit memberi contoh nyata.

Lalu bagaimana dengan contoh katrol majemuk dalam kehidupan sehari-hari? Memang yang modelnya seperti gambar di bawah memang sulit ditemukan. Tapi untuk model yang lain masih dapat kita temukan.

Contoh Katrol Majemuk
Katrol majemuk ini jika digunakan akan memberikan gaya yang lebih kecil dari katrol tetap maupu katrol bebas. Semakin banyak katrol yang digunakan dan jenis tali yang baik akan memudahkan dan meminimalisir gaya yang kita keluarkan.

Contoh yang paling sering ditemui adalah katrol yang berada pada mobil derek, crane atau alat berat lainnya. seperti gambar di bawah. Ada minimal 3 katrol yang terdapat pada katrol majemuk tersebut. Atau pada benda-benda kerja berikut:

Katrol Majemuk mobil derek








Semoga bermanfaat.
Sumber : Google

0 komentar:

Posting Komentar